Minggu, 28 Februari 2010

Token Ring Vs FDDI

Token Ring Vs FDDI


A. Token Ring
Token Ring adalah sebuah cara akses jaringan yang berbasis Topologi Ring yang awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969. Kemudian IBM membeli hak cipta dan menggunakan Token Ring dalam produknya pada tahun 1984. Elemen kunci dari Token Ring adalah penggunaan Twisted Pair, dan memasang hubungan aktif yang berada di dalam sebuah jaringan.

Pada tahun 1985, IEEE Amerika Serikat meratifikasi standar IEEE 802.5 untuk protokol Token Ring dan menjadi standar Internasional. Pada awalnya IBM membuat Token Ring manjadi pengganti Ethernet (802.3), tetapi Token Ring kurang begitu diminati karena biaya implementasi yang begitu besar walaupun memiliki kemampuan yang superior.

Spesifikasi Token Ring adalah transfer data yang mencapai rate 4 Mbps dan ditingkatkan menjadi 16 Mbps. Pada jaringan ini, semuan node yang terhubung harus beroperasi pada rate 4 Mbps, sedangkan 16 Mbps pada backbone jaringan. Spesifikasi standar yang lain dari Token Ring diantaranya adalah enkapsulasi IP dan Address Resolution Protocol (ARP).

Dengan Token Ring, peralatan network terhubung secara fisik dalam konfigurasi Topologi Ring, yaitu data dilewatkan dari device satu ke yang lain secara berurutan. Sedangkan Token sendiri adalah paket kontrol yang berputar-putar dalam jaringan ring tersebut dan dapat digunakan dalam pengiriman data. Device yang akan mentransfer data akan mengambil Token, mengisi Token dengan data dan mengembalikan Token ke dalam ring. Lalu penerima akan mengambil Token pengirim, mengosongkan isi Token, dan mengembalikan Token ke dalam ring.

Keuntungan dari protokol ini adalah untuk mencega tumbukan antar data (kolisi data), menggunakan kabel Twisted Pair maupun Fiber Optic, dan menghasilkan performa yang lebih baik, terutama pada high-level bandwidth.

Terdapat tiga tipe pengembangan Token :
  1. Token Ring Full Duplex (menggunakan bandwidth dua arah)
  2. Switched Token Ring (menggunakan switched untuk transfer data pada LAN)
  3. 100VG-AnyLAN (pada Token Ring 100 Mbps atau Ethernet)


B. FDDI
FDDI (Fiber Distributed-Data Interface) adalah standar komunikasi data pada LAN yang menggunakan Fiber Optic dengan panjang sampai 200km . Basis protokol FDDI adalah Token Ring yang terdiri dari dua, yang satu ring berfungsi sebagai ring back-up jika seandainy ada ring dari dua ring tersebut yang putus atau mengalami kegagalan dalam bekerja. Sebuah Ring FDDI mempunyai kemampuan transfer rate 100 Mbps.

C. Perbandingan Token Ring dengan FDDI
  1. Persamaan Token Ring dengan FDDI
    • Menggunakan Fiber Optic
    • Dapat mencapai transfer rate 100 Mbps (pada Token Ring yang telah dikembangkan)
    • Merupakan komunikasi LAN
  2. Perbedaaan Token Ring dengan FDDI
    • Pada FDDI panjang Fiber Optic dapat mencapai 200km
    • FDDI mempunyai dual ring topologi
    • Token Ring standar menggunakan Kabel Twisted Pair
    • Transfer Rate Token Ring 4 Mbps dan dapat ditingkatkan menjadi 16 Mbps

Sumber :
id.wikipedia.org/Wiki/Token_Ring
id.wikipedia.org./Wiki/FDDI
puslit2.petra.ac.id




0 komentar:

Poskan Komentar