Minggu, 28 Februari 2010

802.11n

802.11n


A. Pengertian
IEEE 802.11n adalah perubahan standar jaringan 802.11 untuk menghasilkan throughput yang lebih dari standar sebelumnya. Dengan peningkatan data rate max. lapisan fisik OSI (PHY) menjadi 600 Mbit/s dengan menggunakan empat ruang aliran di lebar saluran 40 Mhz.

Sejak 2007, Wi-fi alliance memberikan sertifikat produk Draft-n berdasarkan Draft-2 dari spesifikasi 802.11n. Draft-2 adalah Wi-fi berkecepatan 100 Mbps, dan mempu menghantarkan data 5 kali throughput dan dua kali kecepatan wi-fi terdahulu.

B. Deskripsi 802.11n
IEEE 802.11n didasarkan pada standar 802.11 sebelumnya dengan menambahkan multiple input multiple output (MIMO), 40 Mhz ke lapisan saluran fisik (PHY) dan frame agrerasi ke MAC layer. MIMO adalah teknologi yang menggunakan beberapa antena untuk menyelesaikan informasi lebih lanjut secara koheren. Manfaatnya adalah bentuk antena yang sama.

Kemampuan lain MIMO adalah menyediakan Spatial Division Multiplexing (SDM), SDM ditransfer secara serentak dalam satu saluran Spektral Bandwidth. MIMO SDM dapat meningkatkan throughput data seperti jumlah pemecahan stream data spatial yang ditingkatkan. Setiap aliran spatial membutuhkan antena yang berbeda, baik pengirim maupun penerima. MIMO juga memerlukan rangkaian frekuensi terpisah dan ADC untuk masing-masing antena MIMO yang menjadikan biaya lebih tinggi.

Saluran 40 Mhz adalah fitur lain yang dimasukkan yang menggandakan saluran 20 Mhz. Hal ini dapat diaktifkan di 5 Ghz mode.

C. Keuntungan
  1. Mampu mentransfer data seperti di "jalan tol wireless" sehingga menghemat waktu dan lebih cepat.
  2. Terdapat kombinasi dua frekuensi wireless untuk performa yang lebih baik.
  3. Fitur memperkecil jumlah data yang dibutuhkan untuk transfer file untuk memberi ruang yang lebih di jalur pengiriman data.
  4. Dapat mencapai kecepatan 600 Mbps.
  5. Memberikan waktu yang lebih panjang pada baterai, karena menggunakan chip yang hemat daya.

Sumber :
id.wikipedia.org/Wiki/Draft_2.0
te.ugm.ac.id

0 komentar:

Poskan Komentar